Rabu, 14 November 2012

Contoh RPP IPA



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                           : SMP N 3 Pulosari
Kelas / semester             : IX/I
Mata Pelajaran               : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Alokasi waktu                : 6 x 40’

A.  Standar Kompetensi
1. Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia
B. Kompetensi Dasar
1.1. Mendeskripsikan sistem ekskresi pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan
C. Indikator
1.     Mendeskripsikan bentuk/bangun organ-organ penyusun sistem ekskresi pada menusia dengan  cermat dan teliti
2.     Mendeskripsikan fungsi sistem ekskresi dengan cermat dan logis
3.     Mendata contoh kelainan dan penyakit pada sistem ekskresi yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dengan cermat
D. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat mengidentifikasi organ-organ penyusun sistem ekskresi  manusia dengan cermat dan logis
2.  Siswa dapat memahami proses pengeluaran zat sisa pada sistem ekskresi manusia dengan cermat dan logis
3. Siswa dapat mendata contoh penyakit dan kelainan yang berhubungan dengan sistem ekskresi pada manusia dengan cermat
E. Materi Pembelajaran
“Sistem Ekskresi Manusia”
F. Metode Pembelajaran
1.       Metode                                       : diskusi (PBI,mind mapping,NHT),tanya jawab
2.       Model pembelajaran                : Cooperatif Learning
G. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan 1
a.   Kegiatan Pendahuluan
1.   Memberi salam dan mengajak siswa berdo’a bersama mengawali pelajaran (religius).
2.       Motivasi dan apersepsi
-          Apa saja zat sisa hasil metabolisme tubuh?
-          Organ apakah yang mengatur pengeluaran zat sisa?
3.       Prasyarat Pengetahuan
       Siswa telah memahami ciri-ciri makhluk hidup.
4.   Menyampaikan tujuan pembelajaran dan kompetensi dasar yang akan di capai
b.   Kegiatan Inti
a. Eksplorasi
1.     Dengan tekun dan berfikir kritis  siswa menggali informasi melalui studi pustaka tentang organ-organ penyusun sistem ekskresi manusia
2.     Dengan bijaksana guru mengajukan pertanyaan “apa fungsi ginjal?”
3.     Dengan berfikir kritis , logis dan mandiri siswa menjelaskan organ-organ penyusun sistem ekskresi  manusia
4.     Guru dengan penuh semangat, percaya diri dan kritis mengajukan pertanyaan tentang berbentuk apakah ginjal kita?”
5.     Dengan berfikir kritis dan tekun siswa menggali informasi melalui studi pustaka tentang macam-macam kelenjar pencernaan dan berusaha menjawab dengan jujur dan penuh percaya diri
b.    Elaborasi
1. Guru menayangkan slide power point gambar organ-organ ekskresi manusia
2. Guru membimbing siswa untuk pembentukan kelompok untuk melakukan diskusi, masing-masing kelompok terdiri dari 5-6 siswa
3. Guru membagi LDS
4. Guru membimbing siswa saat kegiatan diskusi tentang siswa dengan penuh semangat dan perhatian
5. Siswa bekerja sama mendiskusikan materi dengan disiplin,penuh tanggung jawab , menghargai pendapat dan berfikir kritis.
6. Guru memfasilitasi siswa mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas.
7. Dengan penuh semangat dan percaya diri,tiap wakil kelompok mempresentasikan hasil diskusinya.
c.   Konfirmasi
1.     Dengan semangat guru memberikan nilai/hadiah kepada siswa/ kelompok  yang berani,jujur dan percaya diri dalam mempresentasikan / menjawab hasil diskusinya.
2.     Guru memberikan penjelasan yang benar kepada siswa siswa melalui beragam sumber.
3.     Guru menambahkan informasi yang logis dari hasil diskusi siswa
4.     Guru memberikan motivasi kepada siswa yang belum aktif selama kegiatan pembelajaran agar lebih percaya diri dan berfikir kritis.
c. Kegiatan Penutup
1.     Guru bersama-sama dengan siswa membuat rangkuman/simpulan materi pelajaran.
2.     Guru memberikan penjelasan kepada siswa untuk mempelajari materi berikutnya (proses pembentukan urin)
3.     Guru menutup pembelajaran dengan mengucap salam (Religius)
Pertemuan ke 2
a.   Kegiatan Pendahuluan
1. Guru memberi salam dan mengajak siswa berdo’a bersama mengawali pelajaran (religius).
2. Motivasi dan apersepsi:
-   Bagaimana urin dikeluarkan melalui ginjal?
-   Zat apa sajakah kandungan urin itu?
3. Dengan penuh percaya diri, berfikir kritis, dan mandiri siswa mencoba menjawab pertanyaan guru dengan jujur
4. Menyampaikan tujuan pembelajaran dan kompetensi dasar yang akan di capai
b.   Kegiatan Inti
a. Eksplorasi
1.     Dengan tekun dan berfikir kritis  siswa menggali informasi melalui studi pustaka proses pembentukan urin
2.     Dengan bijaksana guru mengajukan pertanyaan “siapakah yang berfungsi menyaring darah?”
3.     Dengan berfikir kritis dan tekun siswa menggali informasi melalui studi pustaka tentang macam-macam kelenjar pencernaan dan berusaha menjawab dengan jujur dan penuh percaya diri
b.  Elaborasi
1. Guru menayangkan slide power point gambar proses pembentukan urin
2. Guru membimbing siswa untuk pembentukan kelompok untuk melakukan diskusi, masing-masing kelompok terdiri dari 5-6 siswa
3. Guru membagi LDS
4. Guru membimbing siswa saat kegiatan diskusi tentang siswa dengan penuh semangat dan perhatian
5. Siswa bekerja sama mendiskusikan proses pembentukan urin dan mendata contoh penyakit dan kelainan pada sistem ekskresi  dengan disiplin,penuh tanggung jawab , menghargai pendapat dan berfikir kritis.
6. Guru memfasilitasi siswa mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas.
7. Dengan penuh semangat dan percaya diri,tiap wakil kelompok mempresentasikan hasil diskusinya.
c. Konfirmasi
1.     Dengan semangat guru memberikan nilai/hadiah kepada siswa/ kelompok  yang berani,jujur dan percaya diri dalam mempresentasikan / menjawab hasil diskusinya.
2.     Guru memberikan penjelasan yang benar kepada siswa siswa melalui beragam sumber.
3.     Guru menambahkan informasi yang logis dari hasil diskusi siswa
4.     Guru memberikan motivasi kepada siswa yang belum aktif selama kegiatan pembelajaran agar lebih percaya diri dan berfikir kritis.
c. Kegiatan Penutup
1.     Guru bersama-sama dengan siswa membuat rangkuman/simpulan materi pelajaran.
2.     Guru memberikan tugas kepada siswa untuk mencari informasi melelui berbagai sumber (Buku paket, media elektronik) tentang penyakit/kelainan yang berhubungan dengan sistem eksresi
3.     Guru menutup pembelajaran dengan mengucap salam (Religius)
H. Sumber Belajar
Banowo T,  Rahmadi AT,Sri Untari.  2 008.  Ilmu Pengetahuan Alam :untuk SMP dan MTs Kelas IX. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional
Karim S,Ida Kurniawati dkk.  2008.Belajar IPA: Membuka Cakrawala Alam Sekitar: Untuk SMP dan MTs.Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
Saktiyono.2004.Sains Biologi SMP :Untuk Kelas IX.Jakarta.Erlangga
Tim Abdi Guru. 2006.IPA Terpadu untuk SMP Kelas IX.Jakarta.Erlanggga
WWW.biologigonz. blogspot.com
I. Penilaian Hasil Belajar
a.               Teknik Penilaian:
I. Tes tertulis
b.               Bentuk Instrumen:
I.      Tes PG
II.    Tes Uraian
c.               Contoh Instrumen :
a.   Penilaian pemahaman dan penerapan konsep
I.             Pilihlah satu jawaban yang paling benar
1.       Berikut ini yang bukan merupakan organ ekskresi, adalah...
a.        Ginjal                                                     c. Paru-paru
b.       Hati                                                        d.anus
2.       Organ ekskresi yang berfungsi untuk menyaring darah, adalah...
a.        Ginjal                                                     c. Paru-paru
b.       Hati                                                        d.Kulit
3.       Glomerulus dan kapsul Bowman terletak pada...
a.        Korteks                                  c. medula
b.       Pelvis                                      d. Ureter
4.       Penyaringan pada ginjal terjadi dalam...
a.        Kulit ginjal                            c. Rongga ginjal
b.       Sumsum ginjal                      d. Badan malpighi
5.       Saluran urin yang keluar dari ginjal disebut...
a.        Glomerulus                                           c. Uretra
b.       Pelvis                                                      d. Ureter
6.       Alat tubuh kita yang disamping berfungsi sebagai alat ekskresi juga sebagai indera peraba adalah...
a.        Ginjal                                                     c.Hati
b.       Kulit                                                       d. Hidung
7.       Kelenjar minyak dan kelenjar keringat terdapat pada lapisan kulit...
a.        Epidermis                                              c.hipodermis
b.       Dermis                                                   d.Subkutan
8.       Cairan empedu yang berguna memberi warna pada feses dan urin dihasilkan di...
a.        Empedu                                  c. hati
b.       Ginjal                                     d. Lambung
9.       Penyakit pada ginjal yang terjadi sebagai akibat adanya gula dalam urin disebut...
a.        Diabetes mellitus                 c. Nefritis
b.       Hematuria                                             d. Batu ginjal
10.    Penyakit pada hati yang disebabkan karena infeksi virus dan biasanya mata penderitanya  berwana kuning,adalah...
a.        Hepatitis                                                c. Kanker hati
b.       Serosis                                                    d. Nefrosis
II.            Jawablah dengan singkat dan benar!
1.       Jelaskan mengapa tubuh manusia dilengkapi dengan alat-alat ekskresi!
2.       Jelaskan secara singkat proses pembentukan urin!
3.       Bagaimana kerja sama antara ginjal dengan kulit terjadi?
4.       Sebutkan kandungan urin normal!
5.       Jelaskan pada lapisan kulit yang mana yang disuntik ketika kita sakit?mengapa demikian?
b.             Penilaian pemahaman konsep komunikasi
No Urut
No Induk
Nama siswa
Aspek yang dinilai
Jumlah Skor
A
B
C
D
E


















Keterangan aspek yang dinilai :
A.         Kemampuan menyampaikan informasi
B.          Kemampuan menyampaikan pendapat / pemikira
C.         Kemampuan menyampaikan pertanyaan
D.         Kemampuan menyampaikan jawaban pertanyaan serta kelancaran berbicara
E.          Kemampuan pengetahuan dan pemahaman materi
Cara penilaian :
5 : sangat baik
4 : baik
3 : sedang
2 : kurang
1 : sangat kurang


Rounded Rectangle: Lembar Diskusi Siswa (LDS)
(Rasa Ingin Tahu dan Mencari Informasi Lebih Jauh)
I. Carilah informasi dari buku paket dan referensi lain yang ada di perpustakaan tentang sistem ekskresi manusia: (skor = 10)
1. Mengapa keringat dan urin baunya menyengat dan rasanya agak asin?
2. Selain sebagai alat pengeluaran apa sajakah fungsi kulit?
3. Mengapa pada malam hari ginjal lebih sering mengeluarkan urin?
4. Bagaimanakah mekanisme adaptasi tubuh terhadap kelebihan air?
5. Mengapa jika hati rusak, maka rusak pula seluruh tubuh?
 













Mengetahui,                                                                                                                         Pulosari,   Juli 2012
Kepala Sekolah                                                                                                                     Guru Mapel



Joh.Sugeng Sejati,S.Pd.MM.Pd                                                                                           Indah Palupi,S.Si
NIP.131 616 030                                                                                                                  NIP.197607192009012003
Loading...

Entri Populer